Pilih bengkel Resmi Atau Bengkel Umum?

Banyak pemilik kendaraan baru yang bingung apakah kendaraan mereka seharusnya dirawat di bengkel resmi dari suatu merek (APM atau agen pemegang merek) atau bengkel umum di pinggir jalan. Pertanyaan semacam ini umum bagi siapa saja, seperti yang bisa dibaca pada artikel berikut: https://blog.duitpintar.com/bengkel-resmi-bengkel-umum-mana-pilihan-lebih-cerdas/. Bagi mereka yang berkantong 'pas-pasan', bengkel umum lebih terlihat 'menjanjikan' secara harga ketimbang bengkel resmi meskipun hal ini relatif.

Ilustrasi Peralatan bengkel. Sumber: Pixabay/arnaudlamure0

Autocare Service Mobil Surabaya sendiri merasa tak perlu harus mati-matian agar imej bengkelnya lebih bagus dari lainnya, karena toh setiap pemilik kendaraan mempunyai pemikirannya masing-masing. Secara umum dari yang terlihat, banyak pemilik kendaraan baru yang akan menggunakan jasa service bengkel APM saat ganti-oli, tune-up dan lain-lain; sedangkan bila garansi service-nya telah habis maka pemilik kendaraan bisa memilih tetap menggunakan service APM (bengkel resmi) atau bengkel umum. Service Rawat Mobil Surabaya juga jarang melihat pemilik kendaraan yang tidak menggunakan hak dan kesempatannya yang biasanya akan berakhir 50ribu kilometer (atau tiga tahunan). Pada umumnya, selain garansi service juga ada garansi suku cadang resmi yang bisa dimanfaatkan saat membeli kendaraan baru.

Ketika kita membeli kendaraan, terkadang kita harus memperlebar wawasan kita untuk bergabung pada komunitas tertentu (minimal dengan pemilik kendaraan dengan merek yang sama) guna mencari tahu apa yang terbaik bagi kendaraan kita. Misalnya dari pengalaman seseorang ini: https://www.kompasiana.com/alchemist/kalo-begini-selamat-tinggal-bengkel-resmi_5529f548f17e618240d62410. Memang, artikel tersebut mungkin kurang representatif bagi kita pemilik mobil; tapi ada pelajaran yang bisa diambil di sana: sebelum menggelontorkan uang banyak karena mengganti banyak suku cadang yang sebenarnya 'belum waktunya' minta diganti, Anda mungkin bisa menggunakan jasa Bengkel Rawat Mobil Surabaya sebagai perbandingan. Siapa tahu, layanan dan service yang kami berikan cukup memuaskan Anda tanpa membayar lebih mahal. Keuntungan Anda sendiri kan disana?

Namun Service Rawat Mobil Surabaya juga menemukan berita lain. Berbeda dengan artikel berita sebelumnya yang berupa pengalaman, artikel berikut ini lebih ke arah jurnalisme yang dihimpun dari berbagai sumber: https://otomania.gridoto.com/read/035659/musim-servis-waspada-oknum-nakal-bengkel-resmi. Penjelasan dari artikel pada tautan terakhir ini lebih 'berbahaya' karena dari sana kita bisa melihat praktik apa yang dilakukan oleh banyak orang. Dari sudut pandang pemilik bengkel, hal ini akan merugikan bila diterapkan karena mirip penadah dari tindakan ilegal. Sesuatu yang akan menghancurkan reputasi dan nama baik sebuah bengkel dalam jangka panjang. Hal ini tentu saja tak akan diterapkan oleh Service Autocare Mobil Surabaya dalam operasionalnya. Jujur kan memang lebih baik ^_^

Selain itu, ternyata masih ada hal-hal lain yang menjadikan bengkel resmi menjadi 'cukup berjarak' dengan bengkel umum. Rawat Service Mobil Surabaya menemukan satu referensi bagus yang menjelaskan poin-poin perbedaannya: https://oto.detik.com/mobil/2543989/kelebihan-dan-kekurangan-bengkel-resmi-dan-bengkel-umum. Service Rawat Mobil Surabaya Barat sendiri masih positif akan bagaimana pemilik kendaraan memandang kinerja bengkel umum (termasuk Fortune Autocare) dalam keseharian. Memang kadangkala ada yang berpendapat jika keduanya tidak dapat dibandingkan secara langsung dari segi ketersediaan dan kelengkapan suku cadang, namun setiap layanan jasa mungkin akan sangat tergantung pada SDM dibaliknya, bagaimana komunikasi antara mekanik bengkel dan pemilik kendaraan maupun pencarian solusi maupun cara penanganan terhadap tiap permasalahan yang timbul.

Komentar