Apakah AC Mobil Anda Bermasalah?

Seorang teknisi menambahkan freon di bengkel Fortune Autocare Surabaya.
Plat nomor mobil disamarkan (diedit) untuk melindungi privasi konsumen. dokpri

Banyak kendaraan masa kini yang menggunakan pendingin di dalam kabin. Tentang AC mobil ini ada di dalam hampir semua kendaraan, khususnya pemilik yang menginginkan kenyamanan dalam operasionalnya. Bahkan Bengkel Service Mobil Murah di Surabaya menemukan jika di kendaraan niaga dan kendaraan angkutan umum pun dipasang AC juga, karena kenyamanan adalah 'hak semua orang'.

AC mobil sendiri mempunyai karakter yang mirip dengan AC rumah yang membutuhkan freon dalam operasionalnya. Hanya, sistem AC mobil lebih fleksibel dan terhubung dengan mesin sehingga putaran kompresor AC mempunyai korelasi dengan putaran RPM mesin mobil. Dan seperti barang elektronik serta mekanik, AC mobil pun dapat bermasalah.

Salah satu penyebab utama dari AC yang tidak berfungsi sebagian besar adalah rusaknya kompresor, yakni bagian yang bertugas mendistribusikan freon ke seluruh sistem pendingin mobil. Meskipun ditemukan juga adanya penyebab lain selain kompresor seperti dijelaskan dengan detail oleh situs asapmobil: https://www.asapmobil.com/gejala-ac-mobil-mulai-rusak-atau-bermasalah/. Dari penjabarannya, agaknya bisa memahami jika beberapa komponen atau bagian dalam mobil terkait satu sama lain.

Sedangkan ciri-ciri atau gejala bagaimana kompresor bermasalah ada pada bunyi yang tak wajar, kompresi yang berkurang, kebocoran, atau rusaknya magnetic clutch AC. Mengutip situs otomotif Otosia: https://www.otosia.com/berita/9-penyebab-rusaknya-kompresor-ac-mobil.html, ada beberapa penyebab kompresor AC mobil tidak berfungsi yakni:
1. Terputusnya sekring,
2. Oli kompresor habis,
3. Komponen seal bocor,
4. Pulley dan pressure plate mengalami kerusakan,
5. Fan atau Kipas AC mati/lemah,
6. Jumlah freon terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak,
7. Terjadi kebuntuan, dan
8. Usia pemakaian.

Sistem AC mobil sendiri mirip dengan berbagai bagian mobil lain yang terdiri dari banyak pernik komponen. Atas keluhan yang dikemukakan tamu konsumen, Service Autocare Mobil Surabaya perlu melihat satu persatu bagian yang ada untuk dapat menemukan solusi. Dan tamu konsumen juga dapat memberikan gambaran terang gejala yang sering muncul dari mobil berdasarkan pengalaman sebelumnya (yang misalnya cukup sering terjadi). Meskipun seorang teknisi memiliki pengalaman, namun memberi tahu keluhan dengan jelas akan membantu teknisi mencari solusi dengan cepat dan lebih tepat; apalagi posisi seorang teknisi hanya mengetahui sekilas saja, bukan merupakan pemakai harian.

Anda dapat melakukan tuneup di Perawatan Mobil Murah di Surabaya secara keseluruhan dengan paket ekonomis, atau dapat melakukan pemeriksaan AC mobil saja jika kebetulan AC mobil Anda bermasalah namun masih cukup jauh angka odometernya untuk melakukan servis rutin berikutnya.

Komentar