Perangkat Car Lift dan Resikonya

Car Lift pada bengkel Fortune Autocare - Service Rawat Mobil Surabaya,
posisi kosong tanpa kendaraan. dokumen fortune autocare

Car Lift pada bengkel Fortune Autocare dalam posisi terangkat dengan kendaraan.
dokumen fortune autocare.


Beberapa waktu lalu kami menemukan sebuah posting sharing via media sosial, tentang bagaimana sistem hidrolis juga mengambil peranan vital pada sebuah bengkel atau car wash: yang mengetengahkan tentang kecelakaan di sebuah usaha jasa bengkel mobil.
Tetapi Rawat Service Mobil Surabaya sebelumnya juga telah mendapatkan beberapa informasi tentang sistem hidrolis tersebut, seperti salah satunya pada tautan berikut: http://www.carcrushing.com/15-car-hoist-fails-x-brutal/, jadi kami memutuskan untuk tidak mengadopsi sistem hidrolis yang cukup banyak digunakan tersebut; terlebih karena faktor keselamatan mereka yang terkait dengan sistem hidrolis pada saat bekerja atau mereka yang hanya melihat-lihat bagaimana pekerja kami bekerja.



Kami merasa sistem hidrolis yang dipunyai Service Autocare Mobil Surabaya pada saat ini cukup aman untuk digunakan karena bobot yang ditopang oleh satu tiang piston (beserta alas baja) yang tangguh dan kuat sehingga persebaran beban bobot mobil yang ada cukup merata di semua lini.

Ada beberapa produk hidrolis yang mempunyai dua hingga empat tiang piston kecil yang mempunyai dayanya masing-masing. Bila salah satu dari tiang piston tersebut tidak berfungsi maksimal karena suatu sebab tertentu yang bersifat teknis, maka daya angkat akan berkurang pada tiang yang tenaga yang ada akan menjadi tidak seimbang di salah satu sisi. Namun hal ini cukup jarang terjadi karena kecanggihan teknologi meskipun bukan termasuk mustahil juga. Car Lift dengan beberapa tiang piston ini pada umumnya mempunyai sistem pengoperasian elektronis tertanam di salah satu tiangnya. Hal inilah yang tidak memungkinkan perangkat hidrolis tersebut digunakan untuk Car Wash seperti yang kami lakukan.

Yang menjadi permasalahan secara umum biasanya adalah bila alas dari hidrolis tersebut merupakan model X. Karena beberapa orang agaknya kurang begitu paham jika ketepatan begitu sangat berpengaruh terhadap keseluruhan operasionalnya. Lagipula setiap manusia (dalam hal ini adalah operator) pun bisa khilaf karena fokus mereka yang bisa terbelah saat bekerja.
Saat awal-awal buka, pengemudi mobil yang berniat mengambil posisi pada car lift tersebut mengalami kelalaian sehingga roda ban mobil tergelincir ke tanah yang mempunyai perbedaan ketinggian sekitar 15-20 cm dengan gundukan car lift. Peristiwa ini sungguh menjadi pelajaran bagi Rawat Service Autocare Mobil di Surabaya Barat sehingga kejadian sama tak terulang. Teknik pemindahan mobil saat pengambilan posisi tersebut akhirnya menjadi sangat penting diperhatikan, meskipun memang tak ada kerugian besar yang kami tanggung (terlebih disebabkan alas mobil tersebut masih belum dalam kondisi terangkat).

Sistem alas mobil model X ini menurut Rawat Service Mobil di Surabaya membutuhkan kecermatan yang tidak bisa ditolerir dan harus dipasang tepat pada kaki-kaki mobil; lagipula waktu pembelajarannya (untuk menguasai mesin dan mengoptimalkannya pada segala jenis kendaraan) pun tidak bisa sebentar. Bila dipikirkan, ada berapa jenis kendaraan yang berada di pasaran saat ini? Mulai dari city car hingga kendaraan besar seperti Toyota Vellfire atau cukup panjang semacam Nissan Livina.

model car lift lain yang ada di pasaran.
model car lift lain yang ada di pasaran.

Namun secara keseluruhan, daya angkatnya memang tak berbeda dengan yang diadopsi oleh Rawat Service Mobil Autocare di Surabaya serta bentuknya cukup elegan terlihat dan cukup ramping. Kelebihan lainnya dari sistem hidrolis alas mobil model X ini mungkin adalah alas yang fleksibel dan tidak kaku (karena bisa dikatup dan dibuka melebar). Sisi positifnya, hal ini memungkinkan teknisi untuk memperluas jarak pandang pada segala aspek pada bagian bawah kendaraan. Akhirnya, sistem ini pun bisa banyak kita jumpai pada bengkel-bengkel modern untuk mengejar sisi positif ini.

Sebagai tambahan, Service Rawat Mobil Surabaya tidak menggunakan perangkat car lift hidrolis ini untuk tujuan perbengkelan; tetapi hanya untuk layanan Car Wash. Karena kelemahannya ada pada alas mobilnya yang bertumpu pada roda (ban) sehingga tidak cocok digunakan untuk pergantian roda atau mereparasi kaki-kaki dan komponen lain di sekitaran wilayah roda. Bagian tengah yang lowong pada hidrolis tersebut juga tak seberapa lebar untuk dimasuki tubuh teknisi (jika ingin melakukan perbaikan pada bagian bawah mobil).

Banyak pemilik bengkel tentunya mempunyai pertimbangan masing-masing untuk melengkapi jasa layanannya dengan Car Lift hidrolis ini. Dari gambaran kami ini, Service Rawat Mobil di Surabaya Barat hanya memaparkan bahwa kami melengkapi bengkel kami dengan perangkat yang dianggap aman untuk karyawan dan konsumen Rawat Service Mobil di Surabaya. Semoga kejadian serupa tidak terulang pada berbagai pusat perawatan mobil karena profesionalitas kerja dan nama baik yang bersangkutan pun akhirnya turut dipertaruhkan.

Komentar